Skip to main content

TEMA: Microsoft Access

Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Powerpoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft je data engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.

Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQR service, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/PROGRAMMER yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.








>  Pengertian Tabel , Field dan Record

Seperti kita ketahui bahwa database merupakan kumpulan dar i beberapa tabel yang terintegrasi menjadi satu kesatuan yang saling berhubungan.
Tabel merupakan kumpulan dari beberapa record dan fields.
Jadi yang dimaksud dengan fields adalah atribut yang dimiliki oleh suatu tabel.
Sedangkan record adalah isian data yang dimiliki oleh tabel.
Untuk memulai microsoft Access pada dasarnya hampir sama antara Taskbar Windows
95 – 2000 yaitu :  Start; Program; Program MS-Access.






>  Membuat databases
    1.  Buka aplikasi Microsoft Access
    2.  Klik File New
    3.  Pilih Blank Database
    4.  Create nama file database

Setelah anda mengisi nama database, anda bisa langsung mengklik tombol create atau menekan tombol enter.






>  Membuat Tabel
Untuk membuat tabel ada 3 cara yaitu:
1. Create table in design view
2. Create table by using wizard
3. Create table bya entering data
Pada saat ini kita akan membuat tabel dengan cara yang pertama yaitu Create table in Design View.                                                                                                         

Langkah- langkahnya sebagai berikut :
1. Tampilan awal create table in design view
2. Klik 2 x create table in design view sehingga terbuka jendela untuk mengisikan field dan
    type data
3. Masukan nama-nama f ield beserta type datanya2
4. Setelah itu kl ik close pada pojok kanan atas
5. Klik yes, lalu ber i nama tabel (contoh:daf tar) kemudian kl ik OK
6. Nama dari hasil pembuatan tersebut akan tampil pada lembar kerja Ms. Acces

Setelah tabel terbentuk selanjutnya terserah kita untuk melakukan proses terhadap tabel tersebut selanjutnya.
Barbagai macam tipe data yang ada di ACCESS sebagai berikut :

1. Text           : Merupakan tipe data yang sering digunakan(Alfabet ic dan Numeric).Panjang                        maksimumnya 255.

2. Number        : Hanya digunakan untuk menyimpan data numer ik.

3. Date/Time   : Digunakan untuk menyimpan nilai tanggal dan jam. Panjang maksimumnya  8 karakter.

4. Memo           : Mampu menampung nilai sampai 65535 karakter.

5. Cur rency     : Ser ing digunakan untuk nilai mata uang.

6. AutoNumber : Ber isi angka urut yang sudak di tetapkan oleh Access yang muncul secara otomatis dan nilainya tidak dapat diubah.

7. Yes/No: Berisi dua nilai saja yai tu Yes/No atau True/ false dan On/Of f .

8. OLE Object : Digunakan untuk eksternal objek. Misalnya gambar,suara, dan sebagainya.

9. Hyper link: Gabungan dari Text dan Numerik yang disimpan dalam bentuk Text    Digunakan untuk manyimpan pointer ke situs web.

10. Lookup Wizard: Untuk memi lih sebuah nilai dari tabel lain atau List Box atau Combo Box.







>  Menambah Field
1. Buka file Pilih Table
2. Pilih Design View
3. Blok field yang akan disisipi ( klik sebelah kiri nama field )
4. Klik insert  rows
5. Tuliskan fields baru
6. Kemudian klik close dan Save OK







>  Menghapus Field
1. Buka file Pi lih Table
2. Pilih Design View
3. Blok field yang akan dihapus
4. Klik edit delete
5. Tuliskan fields baru
6. Kemudian klik close dan Save OK







>  Merubah Field
1. Buka file Pilih Table
2. Pil ih Design View
3. Rubah field
4. Kemudian klik close dan Save OK








>  KUNCI PRIMER / PRIMARY KEY
Kunci primer adalah sebuah field yang bersifat unik, dimana data dari field tersebut tidak boleh sama. Kunci primer digunakan untuk membedakan antara record / data yang satu dengan yang lain, sepert i NIS, NIP, Kode, karena didalam data bisa dimungkinkan orang bisa mempunyai nama dan alamat yang sama maka untuk membedakan diber ikan f ield yang bersifat unik.
Cara membuat primary key:

Untuk menentukan dan mengubah primary key pada suatu field, ikuti langkah berikut ini:
1. Pilih dan klik tabel yang anda inginkan ubah primary key-nya.
2. Klik tombol toolbar Design.
3. Pilih dan Klik nama field yang ingin dijadikan primary key
4. Pilih dan klik menu Edit, Primary Key atau klik tombol toolbar Primary Key.








>  INPUT DATA RECORD/ MEMASUKKAN DATA
Prosedur yang dilakukan untuk menginput data adalah sebagai berikut :
1. Pada jendela database pilih salah satu nama tabel yang datanya ingin anda masukan.

2. Buka jendela Data Sheet dari tabel tersebut dengan langkah :
    a. Tekan Tombol icon Open pada area ker ja kemudian Tekan tombol enter
    b. Klik Ganda pada nama tabel
    c. Klik kanan pada nama tabel dan pi lih perintah open dari menu yang tampil.

3. Setelah Anda jalankan salah satu per intah tersebut di atas maka akan tampil jendela data Sheet dari tabel yang masih kosong

4. Anda dapat lansung memasukan data Record sesuai dengan tatanan yang telah Anda buat pada jendela desain View.






>  Menghapus Record
Anda dapat menghapus satu atau lebih Record dalam tabel pada tampilan data Sheet view.
Prosedur yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut :

1. Di dalam jendela data Sheet pilih Record yang ingin Anda hapus dan berikan salah satu perintah berikut :
a. Pilih perintah Delete dari menu Edit.
Tekan tombol Delete Record pada bagian Toolbar atau,

b. Tekan Tombol Del yang ada di Keyboard atau,

c. Klik Kanan Record yang ingin Anda hapus dari daftar pilihan menu yang tampil pilih perintah delete Record.


2. Setelah Anda melakukan salah satu perintah di atas maka akan tampil kotak Konfirmasi pilih Yes apabila  Anda benar-benar ingin menghapus Record dan tombol No apabila ingin membatalkan proses penghapusan.
QUERIES
Membuat Queries
Sebelum memulai kegiatan ini , sebaiknya kita tahu terlebih dulu maksud dari query.
Query bisa diartikan sebagai pernyataan atau permintaan untuk memproses table yang
ada. Biasanya digunakan untuk menuliskan perintah matematik ( * , / , +, – dl l )

Cara membuat query ada 2 yaitu:
1. Create quey in design view
2. Create query by using wizard.

Pada saat ini kita akan membahas untuk membuat query dengan cara yang pertama yaitu Create query in design view.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.   Klik Queries pada bagian objects

2.   Klik 2 x Create query in Design view sama seperti membuat table.

3.   Pilih nama table dalam daftar Show Table kemudian klik Add.

4. Klik 2x nama field yang ada pada tabel daftar sehingga nama-nama field tersebut tersimpan dalam daftar queries seperti pada gambar diatas.

5.   Masukkan rumus pada field yang diinginkan
Contoh Rumus Jumlah nilai:
([PPKn]+[Bah.ind]+[Matemt ]+[Bhs.ing]+[ IPA]+[ IPS] ) .

6.   Kemudian klik tombol close pada sudut kanan atas







>  FORM
Form adalah suatu interfase /tatap muka yang dapat membantu pengguna atau operator dalam menjalankan suatu program aplikasi Salah satu interface yang disediakan oleh microsof t Access adalah Form.
Cara membuat form ada 2 yai tu:
1. Create form in design view
2. Create for rm by using wizard

Pada saat ini kita akan mempelajari cara membuat form dengan Create form by using
wizard. Langkah-langkahnya:
1. Klik Form pada Objects
2. Klik 2 x Create form by using wizard akan tampil form wizard
3. Pada Tables/Queries pilih nama table anda kemudian Pindahkan semua field Available field ke Selected Fields dengan menekan tombol >>
4. Kemudian klik next
5. Kemudian klik next sekali lagi
6. Pada tampilan berikutnya Anda dapat memilih diantara beberapa alternatif untuk dipakai sebagai bentuk tampilan form. Misalnya Anda memilih stone
7. Kemudian klik next
8. Berikan nama form yang akan kita buat (contoh : daf tar )
9. Kemudian Klik Finish






>  Memberi judul form
1. Klik nama form
2. Pil ih design
3. Drag baris antara form header dan detail
4. Maka akan terbuat kolom baru antara form header dan detail
5. Klik label pada toolbar option
6. Klik daerah kolom baru antara form header dan detail
7. Tuliskan judul yang di inginkan
8. Klik close, save OK








>  REPORT / LAPORAN

Report / Laporan
Laporan adalah hasil dari proses input data yang telah di lakukan yang berupa
informasi yang mudah dimengert i oleh orang lain, biasanya laporan nantinya dicetak dalam bentuk print out ( lembaran kertas )
Untuk membuat laporan, langkah- langkahnya adalah :
1. Klik Report pada Objects
2. Klik 2 x Create report by using wizard akan tampil form wizard
3. Pada Tables/Queries pilih nama table anda kemudian Pindahkan semua f ield Available       field ke Selected Fields dengan menekan tombol >>
4. Kemudian klik next , sampai ada perintah finish
5. Klik finish


Melihat / mencetak hasil laporan
1. Klik report pada object
2. Klik 2 kali pada nama report
3. Akan tampil hasil dari report
4. Klik file  print
5. Klik OK







>  Langkah-langkah Membuat Data Base Menggunakan Microsoft Access 2007
1. Pastikan ms office sudah anda install

2.  Pilih Ms access 2007

3. Setelah anda open Ms access tadi, pilih blink database

4. kemudian akan tampil tampilan

5. Kemudian buka file name tadi seperti gambar di atas, akan muncul form lagi buat folder kemudian pilih format file(mdb). karena nantinya kita akan menghubungkan access dengan Delphi(Postingan selanjutnya). setalah sudah di pilih tinggal klik OK

6. Pilih Create

7. Pilih tabel1, klik kanan pilih design view isi nama table: misalnya (club)

8.  Klik table (club) pilih open Isi Field dengan bebera Record

9. kemudian Save. liat hasilnya di mana anda menyimpan file tersebut.

10. Selesai.


dan,, hasilnya sudah bisa anda nikmati. selamat . . . .




www.mercubuana.ac.id

Comments

Popular posts from this blog

PENGERTIAN HACKER & CRACKER

1.Hacker Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet. Sebagai contoh : digigumi (Grup Digital) adalah sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer. Digigumi ini menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Contohnya, game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat diubah menjadi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, status Digigumi adalah hacker, namun bukan sebagai perusak. Hacker disini artinya, mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game. Para hacker biasanya melakukan penyusupan-penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Rata - rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (internet) juga memiliki hacker. Tugasnya yaitu untuk menjaga jaringan d...

TEMA: Materi Microsoft Word

a.  PENGERTIAN MICROSOFT WORD          Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak Pengolah Kata (Word Processing) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Machintosh (1984), SCO UNIX, OS/, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. b.  FUNGSI MICROSOFT WORD            Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengin...

TEMA: Sejarah & Perkembangan Microsoft Office

SEJARAH DIBUATNYA MICROSOFT OFFICE M icrosoft O ffice adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint. Microsoft Office untuk Windows dimulai pada bulan Oktober 1990 sebagai paket dari tiga aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows 3.0: Microsoft Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel untuk Windows 2.0, dan Microsoft PowerPoint untuk Windows 2.0. Lalu setelah populer, pada tahun 1995 Microsoft kembali meluncurkan aplikasi kantoran ini dengan versi 1995 bersama dengan OS Windows 95-nya. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operais PC saat itu. Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus diga...