Skip to main content

TEMA: Microsoft Power Point

Microsoft Power Point
Sejarah

Aplikasi Microsoft Powerpoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai presenter untuk perusahaan bernama Forethoutght, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi Power Point.
Pada tahun 1987, Power Point versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukung adalah Apple Macintosh. Power Point kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari Power Point muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethoutght, Inc dan tentu saja perangkat lunak Power Point dengan harga kira-kira 14 juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari Power Point (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun1990, Power Point telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).
Versi terbaru adalah Microsoft Office Power Point 2007 (Power Point 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi *.pptx.

Menu dan Ikon

Tampilan awal slide dalam program powerpoint

 








Microsoft Office Button
Microsoft Office Button yang berada di pojok kiri atas jendela kerja PowerPoint 2007 berfungsi untuk membuka menu


 Title Bar

Title Bar adalah bagian dari elemen layar PowerPoint yang menampilkan nama program yang sekarang sedang aktif
Tabs
Tabs adalah kumpulan beberapa kelompok perintah
Pada tabs terdiri dari beberapa Groups.Setiap group terdiri dari beberapa Command Buttons



Dialog Box Launchers yang berbentuk ikon kecil yang ada di sudut kanan bawah setiap Group pada masing-masing Tab yang berfungsi untuk menampilkan kotak dialog atau task pane
Tombol View digunakan untuk merubah tampilan jendela kerja Power Point secara cepat. Pilihan tersebut terdiri dari normal, Slide Sorter, dan Slide Show





Groups Home
New Slide           : Menyisipkan slide yang baru.
Layout                 : Menentukan tata letak slide
Font                    : Memilih jenis huruf
Font size             : Memilih ukuran huruf
Grow font           : Menaikkan atau memperbesar ukuran huruf (karakter)
Shrink font          : Menurunkan nilai ukuran atau nilai karakter
Clear Formatting : Menghapus format yang telah dikenakan pada teks
Bold                   : Memberikan efek cetak tebal
Italic                   : Memberikan cetak miring
Underline            : Menampilkan cetak garis bawah
Strikethrough      : Menampilkan cetak coret dengan garis tunggal
Shadows             : Memberi efek bayangan pada huruf atau teks
Character Spacing : Mengatur jarak antar karakter
Change Case      : Mengubah huruf dengan fasilitas Case
Font Colour        : Memberi warna pada huruf yang dipilih
Quick Styles       : Memilih bentik tampilan objek yang telah tersedia
Shape fill            : Memberi warna pada objek
Shape Outline     : Memberi warna pada bingkai objek
Shape effects      : Memberi efek pada objek



Groups insert
Table                   : Membuat atau menempatkan table pada slide
Picture                 : Menyisipkan gambar pada slide presentasi
Clip Art                : Menyisipkan gambar pada slide presentasi
Shapes                 : Membuat bentuk, guna melengkapi slide presentasi agar terlihat lebih menarik dan indah
Smart art              : Menampilkan visualisasi dalam bentuk diagram
Chart                    : Menyisipkan dan menempatkan grafik dalam slide
Hyperlink              : Menghubungkan antara satu bagian dengan bagian yang lain
Text box               : Menyisipkan teks yang secara langsung tidak dilengkapi dengan bingkai
Header and Footer : Menempatkan atau menyisipkan footer dan nomor halaman pada slide
Word art               : Membuat variasi teks dengan tampilan lebih menarik
Date and Time       : Menempatkan atau menyisipkan tanggal dan waktu pada slide
Movie                    : Menyisipkan movie pada slide
Sound                    : Menyisipkan suara pada slide



Groups Design
Page setup            : Mengatur ukuran slide
Slide Orientation    : Mengatur orientasi slide
Themes                 : Menampilkan slide presentasi lebih menarik
Background Style : Mengatur atau memilih motif latar belakang pada slide




Groups Animations
Preview                       : tombol ini dipergunakan untuk melihat hasil dari animasi yang Anda berikan untuk slide Anda.
Animations                   : Anda dapat memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari animate dan custom animations.
Transition to This Slide : untuk memeberikan slide pada perpindahan slide yang Anda buat.




Groups Slide Show
From beginning      : Menjalankan slide mulai dari posisi awal hingga akhir slide
From current slide  : Menjalankan slide mulai dari slide aktif atau slide yang sedang dipilih hingga akhir slide
Custom slide show : Mengatur sendiri urutan slide presentasi sesuai dengan keinginan
Set up slide show   : Mengatur tampilan slide
Hide slide               : Menyembunyikan atau menampilkan slide yang diinginkan
Rehearse Timings   : Mengatur lamanya tampilan slide dengan menggunakan waktu tertentu sehingga slide disajikan tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan





Groups Review
Proofing     : digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang Anda buat di slide.
Comments  : Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat.
Protect       : Anda bisa menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang Anda buat





Groups View
Normal        : Menampilkan secara lengkap outline presentasi, isi slide dan catatan pada slide tersebut
Slide Sorter : Menampilkan secara keseluruhan dari slide yang Anda buat dalam bentuk miniature
Notes Page : Menampilkan slide lengkap dengan catatan atau keterangan tambahan dari setiap slide. Catatan ini digunakan untuk membantu dalam memberikan penjelasan dari setiap point atau bagian pada slide
Slide Master : Menempatkan dan menambahkan sesuatu, baik teks maupun objek yang akan ditempatkan pada setiap slide yang akan dibuat
Ruler            : Menampilkan atau menyembunyikan garis tabulasi
Zoom           : Menentukan pengaturan ukuran jendela kerja
Fit to Window : Menentuan tampilan slide presentasi dengan tampilan menyesuaikan dengan jendela Power Point





Groups Format
Adjust           : Menghasilkan tampilan objek gambar yang lebih menarik
Picture styles : Memilih gaya tampilan objek gambar
Crop             : Memilih bagian tertentu pada objek gambar tersebut





Membuat Slide Baru
Langkah-Langkah Membuat Slide Baru
Ada beberapa pilihan bila Anda ingin menambahkan slide baru ke dalam presentasi yaitu dengan cara :
1.Office Themes
2. Duplicate Selected Slide
3. Reuse Slides
4. Menyisipkan Slide





Office Themes
Membuat Slide baru dengan Office Themes
Untuk membuat slide baru dari Office Themes:
. Pilih slide yang diinginkan untuk slide baru
. Klik tombol 'New Slide' pada tab Home
. Klik slide yang sesuai pilihan Anda
Gambar disamping kanan membuat Slide dengan Office Themes








Membuat Slide baru dengan Duplicate Selected Slide
Membuat slide baru dengan cara ini hanya digunakan untuk membuat slide baru yang sama persis dengan slide yang kita pilih tapi masih dalam satu PowerPoint
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
. Pilih Slide yang ingin di duplikasi
. Klik tombol 'New Slide' pada tab Home
. Klik 'Duplicate Selected Slides'
Gambar di bawah adalah langkah membuat Slide dengan Duplicate Selected Slide








Reuse Slide
Membuat Slide Baru dengan Reuse Slide
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
. Pilih slide di mana kita ingin meletakkan slide baru yg
  diimpor tersebut sesudah slide yang dipilih
. Klik tombol 'New Slide' pada tab Home
. Klik ‘Reuse Slides‘
. Klik 'Browse‘
. Klik 'Browse file‘
. Cari slide dan klik pada slide untuk impor
Gambar disamping kanan Tempat Tombol Reuse Slide berada







Membuat Slide baru dengan Menyisipkannya ke slide yang telah dibuat
Membuat slide baru dengan cara ini digunakan untuk meletakkan slide baru tersebut di sela-sela slide yang telah kita buat sebelumnya
Langkah-Langkahnya untuk menyisipka slide baru adalah sebagai berikut :
. Klik slide dimana kita ingin meletakkan slide baru tersebut sesudah slide yang kita klik (pilih)
  Misal : kita mengklik Slide No. 3 untuk meletakkan slide baru sebagai Slide No. 4
. Klik Insert New Slide
. Pilih Layout Slide yang dinginkan





www.mercubuana.ac.id

Comments

Popular posts from this blog

PENGERTIAN HACKER & CRACKER

1.Hacker Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet. Sebagai contoh : digigumi (Grup Digital) adalah sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer. Digigumi ini menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Contohnya, game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat diubah menjadi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, status Digigumi adalah hacker, namun bukan sebagai perusak. Hacker disini artinya, mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game. Para hacker biasanya melakukan penyusupan-penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Rata - rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (internet) juga memiliki hacker. Tugasnya yaitu untuk menjaga jaringan d...

TEMA: Materi Microsoft Word

a.  PENGERTIAN MICROSOFT WORD          Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak Pengolah Kata (Word Processing) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Machintosh (1984), SCO UNIX, OS/, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. b.  FUNGSI MICROSOFT WORD            Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengin...

TEMA: Sejarah & Perkembangan Microsoft Office

SEJARAH DIBUATNYA MICROSOFT OFFICE M icrosoft O ffice adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint. Microsoft Office untuk Windows dimulai pada bulan Oktober 1990 sebagai paket dari tiga aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows 3.0: Microsoft Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel untuk Windows 2.0, dan Microsoft PowerPoint untuk Windows 2.0. Lalu setelah populer, pada tahun 1995 Microsoft kembali meluncurkan aplikasi kantoran ini dengan versi 1995 bersama dengan OS Windows 95-nya. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operais PC saat itu. Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus diga...